Rabu, 30 September 2009

KONFIGURASI KOMPUTER

Pada pertemuan yang kedua ini, saya ditugaskan untuk membuat tutorial konfigurasi computer beserta cara mengetahui konfigurasi masing-masing hardware yang terdapat di CPU. Pertama saya ingin menjelaskan sebuah software yang sangat bagus untuk mengetahui dengan cepat konfigurasi yang terdapat dalam sebuah Personal Komputer (PC). Software tersebut bernama SIW (Sistem Infomasi Windows).

Inilah tampilan awal dari software tersebut..























Setelah itu , untuk menjalankan aplikasi tersebut, tinggal klik saja icon-icon yang berada di samping kiri tersebut. Hal ini hamper sama seperti kita explorer pada tampilan windows. Dalam software ini ada 3 bagian yaitu Software, Hardware dan Network. Yang pertama kali akan saya bahas yaitu mengenai Software










A. SOFTWARE

MENGETAHUI OPERATING SYSTEM YANG DIGUNAKAN
























Disini terlihat bahwa Sistem Operasi yang dipakai adalah
Windows XP Professional Service Pack 1, mempunyai security sebesar 128 bits dan juga mempunyai System Device : \Device\HarddiskVolume1.



















APLIKASI YANG DIGUNAKAN

Inilah beberapa aplikasi yang digunakan pada komputer saya.













































TINGKAT AKSESBILITAS KOMPUTER





























Menurut informasi yang tertera pada software tersebut bahwa rata-rata untuk mengakses sebuah pekerjaan lumayan sangat cepat dan tidak memerlukan waktu yang sangat lama apabila kita ingin mengakses sebuah program yang ingin dijalankan.










B. HARDWARE

MOTHERBOARD DAN BIOS YANG DIGUNAKAN



















Motherboard yang saya gunakan keluaran asus dengan model P5S800-VM dan serial number yang tertera diatas. Kemudian prosesor yang saya gunakan yaitu dari intel Pentium 4 (Intel(R) Pentium(R) 4 CPU 2.66GHz) serta mempunya system slot dengan 3 PCI , 1 AGP.






















INFORMASI CPU DAN YANG SAYA MILIKI


















CPU yang saya punya bernama Intel Pentium 4 506 dengan berbagai settingan yang sudah diset dan bisa anda liat pada gambar diatas.




Memory yang dipakai hanya ada satu akan tetapi ada 2 slot memory yang tersedia pada motherboard saya. Memori tersebut mempunyai kapasitas sebesar 256 megabytes dengan tipe DDR (PC3200) dan mempunyai kecepatan 200 megahertz serta data-data lainnya yang bisa anda lihat pada gambar diatas.



SISTEM SLOT YANG ADA

























Didalam CPU saya ada 4 slot yang sudah siap pakai , berada di belakang dan di depan CPU. Apabila kita masukkan USB ke slot 1 maka akan langsung terbaca dan bias mengetahui nama , tipe, besarnya kapasitas dari USB dan bagaimana karakteristik USB tersebut. Begitupun dengan slot 2,3 maupun 4.
































































DRIVER YANG TERSEDIA











Inilah beberapa drive yang saya pakai , di dalam computer saya tidak memakai floppy disk sehingga pada drive A tidak terdeteksi adanya drive. aPada gambar diatas , anda bias lihat drive-drive yang aktif beserta keterangan-keterangan mengenai jumlah kapasites, berapa kapasitas yang terpakai dan berapa kapasitas yang masih kosong. Ini sangat memudahkan kita untuk mengetahui sisa kapasitas dari drive tersebut.



BATERAI YANG DIGUNAKAN

Baterai ini yang selalu memantau setiap aktivitas computer. Apabila computer ini dalam keadaan mati, maka baterai ini terus berjalan. Buktinya , waktu (jam) yang kita setting di komputer akan terus berubah. Dan tidak akan mati apabila komputer tersebut dalam keadaan mati..
























C. NETWORK

INFORMASI TENTANG JARINGAN






















Jaringan memang sangat dibutuhkan agar terjalinnya kerjasama software dan hardware untuk bias melakukan pekerjaan secara bersama-sama. Dengan melihat data-data yang terdapat pada gambar diatas, kita bias mengetahui informasi jaringan yang terdapat pada komputer saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar